Recent Posts

Pages

Kamis, 30 Agustus 2012

PROGRAM PLP-BK


Permasalahan lingkungan dan masih banyaknya permasalahan lingkungan yang belum terpecahkan bukan berarti mementahkan program PNPM yang telah berjalan, dan juga menjadi penilaian kinerja buruk dari pelaku PNPM dalam menjalankan siklus. Persoalan yang paling mendasar dari perumusan, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang tidak partisipatif akan mendorong tumbuhnya kemiskinan Intelektualitas yang menyebabkan rendahnya nilai-nilai kemanusiaan dan pudarnya tatanan kemasyarakatan. Lembaga bentukan yang awalnya dimaksudkan sebagai wadah partisipatif masyarakat pada kenyataannya berada pada posisi tidak berdaya, di posisikan sebagai object, di Devolitasi dalam bentuk Platingmas sehingga proses pembangunan hanya terjadi di daerah yang siap menyokong pertumbuhan monopili politik tertentu pada daerah tataran parlemen.
              Seiring dengan munculnya suatu Program yang dirancang Pemerintah Pusat dengan model partisipatif (MANDIRI PERKOTAAN) sangat sistimatis dan strategis di Desa Cinunuk yang dalam keadaan pragmatis sosial termajinalkan oleh suatu kebijakan pembangunan, kondisi saat ini.
a.             Mampu mendorong tumbuhnya kesadaran kritis masyarakat dari kondisi tidak berdaya menjadi masyarakat yang mampu mentransformasi  ”Tatanan proyek menjadi tataran program masyarakat” sehingga kemandirian serta keberlanjutan pembangunan terjamin dapat terwujud.
b.             Tumbuhnya kesadaran kritis masyarakat bersinergi untuk mengorganisir diri dan menggalang berbagai potensi, serta kekuatan dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi secara bersam-sama melalui penguatan Kelembagaan BKM yang representatif, ikhlas, jujur, adil, peduli dan tanpa pamrih berbasis asfek moral.
                        Perkembangan Positif tersebut berdasarkan tuntutan kebutuhan masyarakat sejalan dengan kebijakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) untuk pencapaian manfaat Program diharapkan semakin efektif dengan indikator pada peningkatan IPM MDGs. Subtansi Konsep Program Penanggulangan kemiskinan di Desa Cinunuk telah diadakan suatu proses pembelajaran masyarakat melalui tahapan siklus PNPM MANDIRI PERKOTAAN, Mulai dari masyrakat belajar membuat sebuah komitmen diri bahwa akan mau menerima dan melaksanakan sebuah program pemerintah dengan Konsekwensinya akan ikut berpartisipasi dalam menentukan sebuah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan monitoring evaluasi demi mencapai suatu tujuan dan keinginan bersama yaitu mencapai masyarakat yang mandiri dan madani.

0 komentar:

Posting Komentar