Recent Posts

Pages

Sabtu, 01 September 2012

Serangkaian Kegiatan Sosialisasi




a.       Pengkondisian Masyarakat
Kegiatan pengkondisian masyarakat dilakukan oleh fasilitator sebelum pelaksanaan rembug warga sosialisasi di tingkat  kelurahan/desa. Dalam kegiatan ini fasilitator akan melakukan orientasi lapangan untuk mengenal kondisi social masyarakat desa/kelurahan serta peta pelaku (stakeholder) kunci yang ada di wilayah dampingannya, yang nantinya akan dilibatkan dalam kegiatan rembug warga. Dalam kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi secara informal melalui kegiatan penyebaran media informasi tentang kegiatan, yang akan disosialisasikan dan didiskusikan secara informal dengan pihak pemerintah desa, pengusaha dan tokoh-tokoh masyarakat.
b.      Rembug Warga Sosialisasi  PLP-BK

Setelah melakukan pengkondisian masyarakat dan mendapatkan gambaran kondisi masyarakat desa/kelurahan, selanjutnya dilaksanakan sosialisasi dalam sebuah forum rembug warga. Sosialisasi ini setidaknya juga menghadirkan kaum perempuan dan warga penyandang cacat.

c.       Peran dan tanggung jawab Pemda Kelurahan

Sebagai wujud dari fungsi pelayanan kepada masyarakat serta komitmen untuk mendukung program PLP-BK maka  pemda  Kelurahan  wajib memfasilitasi berbagai hal terkait pelaksanaan kegiatan mulai tahap persiapan, perencanaan partisipatif, pemasaran serta pelaksanaan pembangunan

d.      Hasil

Hasil yang diharapakan adalah masyarakat mengetahui dan memahami tentang proyek PLP-BK dan penyusunan RPLP yang akan dilaksanakan di desa/kelurahan, serta adanya perubahan nilai – nilai di masyarakat untuk mendukung penyusunan  pelaksanaan program PLP-BK. Kegiatan ini dilaksanakan 2 even, pertama dilakukan di rumah warga di dusun Babakan RW 01, adapun hasil dari pertemuan tersebut adalah pembahasan mengenai surat keputusan mengenai lokasi yang mendapatkan program PLP-BK, hal ini langsung direspon positif oleh seluruh elemen PNPM di Desa cinunuk dan Lokakarya PLP-BK tingkat Desa akan dilaksanakan tanggal 16 Mei 2012, bertempat di Aula Desa Cinunuk. Acara itu sendiri dihadiri oleh 14 orang laki-laki dan 15 orang perempuan, prosentase perempuan yang hadir dalam even tersebut adalah 52%.

1 komentar: